Kemajuan Ilmu Teknologi

Iptek adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dimana ilmu pengetahua dan teknologi memilki arti tersendiri. Teknologi berasal dari bahasa yunani yaitu tekne yang berati pekerjaan, dan logos berarti suatu studi peralatan.

Kemajuan Ilmu Teknologi di era globalisasi khususnya di Indonesia sudah sangat pesat. Perkembangannya telah menjamah seluruh lapisan masyrakat Indonesia. Tapi jika dibandingkan negara maju lainnya Indonesia  masih tertinggal sangat jauh. Di era globalisasi ini teknologi sangat membantu aktivitas dan kebutuhan manusia oleh sebab itu kebutuhan akan teknologi semakin bertambah, baik dari sektor industri maupun pendidikan.

Di abad 20 ini sudah banyak penemuan teknologi yang sangat membantu manusia. Para penemu berlomba-lomba menciptakan produk teknologi yang luar biasa canggih contohnya saja Google Glasses. Berikut saya akan tampilkan sedikit profil dari Google glasses.

Google glass merupakan sebuah gadget yang berbentuk seperti kacamata yang memiliki fitur yang untuk menampilkan informasi dan fungsinya yang mirip layaknya smartphone, google glass juga dapat di kendalikan melalui suara, konsep dari google glass adalah meletakkan layar smartphone di depan mata penggunanya. SUMBER

Tentu saja kemajuan teknologi ini mempunyai dampak positif dan negatif. Apa sajakah itu?

-Dampak Positif

  • Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan, seperti jaringan internet.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
  • Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi.
  • Pemenuhan  Kebutuhan akan Fasilitas Pendidikan dapat Dipenuhi dengan Cepat.

-Dampak Negatif

  • Siswa menjadi malas belajar.
  • Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam.
  • Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.

Jadi, manfaatkan perkembangan ilmu teknologi ini dengan baik dan hindari pengaruh buruknya. BE SMART!

Sumber dari

Leave a comment